by

EP Confessed To Denounce dari Monster Hyperblast Band DAMNATION

Yang di nanti dari salah satu Monster Brutal Death Metal asal Yogyakarta akhirnya rilis, yaa…album ep dari Damnation bertajuk “Confessed to Denounce” yang di rilis oleh SBDC Records asal Moscow Rusia berisikan 5 track lagu yang penuh dengan kekejaman sound dan aransemen, tapi yang beda, aransemen musiknya di hasilkan oleh hanya 3 personil band. Berbeda dengan karya karya sebelumnya yang selalu berempat dengan vokal stand alone tanpa pegang instrumen musik. kali ini Camel Damnation sang frontman yang juga bassis turun tangan mengisi vokal yang mungkin bagi sebagian orang akan mengingatkan gaya vokal Barney era “Harmony corruption”, hanya disini style Camel lebih depth, atau yang lebih modern tepatnya gaya erick Lindmark RIP “deed of flesh”, pertanyaannya adalah kenapa ga dari dulu monster ini mengisi departemen vokal sekaligus pegang bass. Di sesi Drum masih sama dengan album yang lalu ada Kris j Phillips. sementara di divisi guitar ada nafas baru Ecko Haryanto

Cover sadis dan layout yang menawan garapan “Adi Deschristianize” dan “Ungodly Graphic” ini sangat memanjakan kita yang biasa berlama lama memegang booklet kovernya sambil mendengarkan musiknya. Di print diatas kertas art papper dengan laminasi glossy yang mengkilat seakan akan kita memegang kaca, mewah tapi harus ekstra hati hati dalam perawatan karena rawan mengelupas di pojok potongan kertasnya. Di sector lempengan disk nya adalah profesional press cd dengan ada tambahan marker guratan dari logo dan foto band serta label itu sendiri yang lebih menguatkan ke originalitas dari rilisan fisik Damnation via SBDC Records. Great n collectible. Mari kita lanjut spin satu persatu lagu yang tergores.

BACA JUGA: Album DAMNATION “Confessed to Denounce” Dirilis SBDC Record dari Russia

Diawali dengan synth string keyboard sebagai intro pembuka yang langsung di gempur ketukan hyperblast dan fast picking riff guitar yang berasa menggergaji dari lagu di track pertama berjudul “Withering Soulless”. lead guitar yang menyambar di bagian akhir lagu melengking mengisyaratkan “heeey….ini tidak cuma sampai disini”.

Terbukti di track ke dua “Worshiper Waste” langsung menghentak tanpa ampun melanjutkan kegaduhan di track awal. lagu yang tanpa isian lead guitar ini lebih fokus ke riff guitar kombinasi muted down picking dan single power chord yang kompleks dan hampir mendominasi. sementara ketukan drum masih tetep tanpa ampun menderap hampir disemua lagu.

Lanjut ke lagu ke tiga “Burned For Heresy” semakin membakar semangat juga menggempur gendang telinga. Tapi tidak melulu mengumbar fast riff, ada groove yang sedikit menenangkan ditengah dan akhir lagu ditambah ending melody yang nakal dan akan asyik untuk konsep performance diatas panggung.

Lanjut ke lagu ke empat ada track cepat tanpa part lead melody “Crown Of Abyss”  sebuah lagu penghormatan yang di tujukan untuk frontman Deed Of Flesh yang juga founder dari label unique leader “Erick Lindmark” (RIP). Telinga kita tidak di beri kesempatan untuk istirahat

Di track terakhir hanya dengan mendengarkan intro tanpa melihat judul pun akan tau ini lagu  epic dari Gorguts “Stiff and Cold” yang sudah pasti membangkitkan memori masa lalu bagi kalian yang masa ganasnya di era akhir 90an. Disini Damnation memainkannya kembali dengan sangat rapih bersih, bahkan temponya pun mirip versi original studio dari Gorguts. perbedaan awam yang paling mudah dikenal cuma di sesi vokal. sepertinya mereka sengaja mempertahankan aransemen lagu ini seperti aslinya, tidak merombaknya atau memainkan sesuka hati dengan dalih versi Damnation yang cepat dan kejam. Track Favorit di list Gerilya minggu ini

Kurang lebih 16 menit secara keseluruhan sudah kita di gempur dengan blasting beat yang rapat, This time “Damnation” come with more brutal than ever and actually more mature than ever. You know what you’re getting yourself into brutal music compositions, hell monster vocals, catchy guitar riffs, amazing Bass and hyperblast beat drum. Cover is in one word “Spectacular”, and even the layout seems great and professional…..So, untuk kali ini kalian pecinta hyperblast wajib dan harus mendapatkan rilisan fisiknya. EP album dari band yang berdiri di tahun 1999 ini preview lagunya sudah bisa didengarkan melalui channel youtube band maupun label.

Follow Damnation on social media:

www.facebook.com/DamnationDM
www.instagram.com/damnation_dm
www.youtube.com/channel/UCvYUbCuufhHORb2TNg7S2rQ

HW – Gerilya Magazine