by

Setelah 23 Tahun, Trauma Rilis Klip ‘Tragedi Umat Manusia’

TRAUMA… Siapa yang tidak kenal salah satu band Death Metal pioner asal Jakarta ini? Band yang dibentuk tahun 1992 ini masih produktif melahirkan karya-karyanya dalam beberapa album.

Album TRAUMA yang sangat fenomenal adalah debut album “Extinction Of Mankind” (1998) dengan lagu hitsnya ‘Tragedi Umat Manusia”. Lagu inilah juga yang secara resmi memperkenalkan TRAUMA di negeri Jiran, ikut serta dalam kompilasi “Panggilan Pulau Puaka II” (Psychic Scream Ent/1999).

Album “Extinction Of Mankind” yang direkam di Magenta Studio Jakarta ini pertama kali dirilis oleh MORBID NOISE pada tahun 1998, dan beberapa kali dirilis ulang baik dari label lokal maupun negara lain.

Tahun 1999 album ini dirilis ulang oleh Psychic Scream Ent (Malaysia), pada tahun 2004 “Extinction Of Mankind” kembali dirilis ulang dalam format kaset bekerjasama dengan Variant Music Indonesia.

Di tahun 2012 album ini dirilis ulang dalam format CD, bekerjasama dengan Off The Records. Dan di awal tahun 2021 ini album “Extinction Of Mankind dirilis ulang oleh ZimZum Entertainment dalam format kaset, yang rencananya akan diedarkan pada 14 Februari 2021 nanti.

Formasi TRAUMA album ‘Extinction Of Mankind’ (1998)

Rilis klip lagu berumur 23 tahun
Mengenang 23 tahun debut album ‘Extinction Of Mankind’, pada Selasa 2 Februari 2021 TRAUMA melalui akun youtube-nya merilis klip ‘Tragedi Umat Manusia’.

Video klip yang berisi dokumentasi dan arsip TRAUMA 23 tahun lalu ini dibuat bekerjasama dengan @area41workshop. Wajah-wajah muda personil TRAUMA waktu itu muncul di klip ini, yang saat itu berformasi:
– Nino Aspiranta (vocal)
– Wilman Taufiq (Lead Gitar)
– Dedy Yuniarto (rhythm guitar)
– Patrick Athena (bass)
– Donny Arief (drums)

“Berasa dejavu…hahaha. Yang pasti nostalgia. Soalnya sebagian materi footage utk clip ini sebelumnya telah tersimpan sekitar 23 tahun di arsip dokumentasi kami. Baru dipublish sekarang…,” ujar Nino sang leader TRAUMA saat ditanya tentang klip ini.

Menonton video klip “Tragedi Umat Manusia” ini benar-benar seperti mengembalikan potongan kenangan kita di masa lalu, terlebih yang waktu itu sering menonton konsernya TRAUMA dan tentunya yang memiliki album TRAUMA ‘Extinction Of Mankind’ ini.

“Harapan gw, album ini bisa terus dikenang sebagai bagian dari perjalanan TRAUMA dan perjalanan musik death metal di indonesia…,” pungkas Nino.

Informasi tambahan saat ini TRAUMA sedang merampungkan materi album ke-6 dan materi split album dari sebuah band dari luar negara. (ALAM)