by

Single BEBAS PUKUL “Konfrontasi” Beri Warna Musik Berbeda dari Album Sebelumnya

BEBAS PUKUL adalah band asal kota Bojonegoro, band ini berdiri pada tahun 2014. Pada awalnya band ini beranggotakan 4 personil yaitu : Tendik : Gitar, Faisal : Bass, Dedy : Drum, Dimas : Vocal. Keempat pemuda ini menyukai selera music yang sama, yaitu musik metal.

Pada awalnya BEBAS PUKUL sering membawakan lagu cover dari Metallica. Tak bertahan lama, Dimas : Vocal & Dedi harus mengundurkan diri karena kesibukan masing-masing. Pada formasi ini BEBAS PUKUL di suatu event harus dituntut untuk menciptakan lagu sendiri lahirlah karya yang berjudul Veins & Death Whistle.

Seiring perjalanan waktu personil BEBAS PUKUL menyisakan Tendik (Gitar) & Faisal (Bass). Hingga pada tahun 2017 Masuklah 3 personil baru yaitu, Affandi : Drum, Miftah : Vocal, Arif : Gitar. Pada formasi ini BEBAS PUKUL langsung mengerjakan suatu album, latihan di studio serta manggung ke berbagai kota merupakan kegiatan yang sering dilakukan.

Akhirnya tepat pada akhir tahun 2018 BEBAS PUKUL meluncurkan EP(mini album) pertama yang bertajuk Noise Vol 1. Mini album ini sudah tersedia di seluruh platform digital. Dalam album ini terdapat beberapa lagu diantaranya yaitu : Intro, Veins, Death Whistle, Belenggu Kendali, Game Over, & Noise Victim.

EP (Mini album) yang dikerjakan di Straight music studio ini merupakan hal yang sangat berkesan pada waktu itu, karena diantara kesibukan personil ada yang kuliah ataupun mencari kerja tapi tetap bisa membagi waktu dengan professional. Istilahnya waktu itu ngeband boleh, asalkan harus bisa bagi waktu antara kerja/kuliah. Namun formasi ini tidak bertahan lama, pada awalnya Miftah(Vocal), memutuskan untuk keluar setelah pengerjaan Mini album Noise Vol 1, setelah itu disusul oleh 2 orang personil lagi yaitu : Arif(Gitar) & Affandi (Drum).

Lagi-lagi BEBAS PUKUL menyisakan 2 orang personil dari awal yaitu Tendik (Gitar) & Faisal (Bass). Dengan sisa 2 orang personil tidak mengurungkan niat untuk berhenti berkarya. Faisal dan Tendik percaya bahwa sebuah album adalah catatan sejarah dari sebuah band semenjak band ini dibentuk pada tahun 2014 silam.

Pada awal tahun 2020 ini BEBAS PUKUL kembali meluncurkan single yang berjudul “Konfrontasi”. Pada saat proses pengerjaan lagu ini, Bebas Pukul di bantu oleh 2 orang personil dari Straight, yaitu : Upik (Vocal) & Fajar (Drum). Dalam lagu Konfrontasi liriknya ditulis oleh Faisal (Bass), yang menggambarkan tentang isu konflik sosial di sekitar serta pentingnya pemahaman informasi dari media. Lewat Single Konfrontasi ini merupakan langkah awal dalam proses pengerjaan album Ke 2 nantinya.

Dari segi musikal, single Konfrontasi ini merupakan sesuatu yang berbeda dari album sebelumnya. Kami terinspirasi dari band-band seperti Black Sabbath, Pantera, Lamb Of God, hingga Adrenaline Mob. Riff-riff gitar yang lebih grovy terasa pada lagu ini. Kami banyak terinspirasi dari album-album black Sabbath vol. 1. Dari segi lirik kami mengingatkan bahayanya disinformasi dari media massa, mudah tergerak karena menelan mentah dan tak mengunyahnya dengan benar. Berikut cuplikan lirik lagu Konfrontasi :

“Skema taktis para pemegang kendali
Seruan bersama tuk mengikuti.
Api membara menggetarkan hati
Tergerak karena emosi menguasai
Geram.. Meradang..
Distraksi… Konfrontasi
Awas … bahaya
Asumsi..meliar
Seperti … senjata
Agresif.. menjalar
Berkoar.. kelakar
Perspektif..media
Api membara menggetarkan hati
Tergerak karena emosi menguasai

Instagram : @bebaspukulofficial
cp : 081235805717 (Faisal)     : 085745471843 (Tendik)

https://www.youtube.com/watch?v=ay0mVzLqoWY (link single Konfrontasi)    
https://bebaspukulofficial.bandcamp.com/album/konfrontasi (link bandcamp)   

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.