by

Single Duta Nusantara “Mayanetra Yamadipati” SOREM

Satu lagi veteran unit Black Death Metal asal Probolinggo Jawa Timur pasca perilisan album penuhnya yg ke 2 dengan judul “Bhairawa” di tahun 2018 yang lalu, kini kembali menunjukkan eksistensinya ditahun 2021 dengan merilis single sadis “Mayanetra Yamadipati”.

“Mayanetra Yamadipati” di ambil dari bahasa Sansekerta yang menurut penjelasan mereka di Fanpage Official nya adalah sikap kuno tentang mentalitas gerakan pembunuhan diam-diam. Slogan ini pertama kali dipopulerkan pada zaman nusantara kuno, dimana zaman aliran gaib Bhairawa sedang dipuja.

Sedangkan Bhairawa sendiri adalah aliran kiri para dewa, identik dengan pemujaan darah dan mengorbankan nyawa musuh dalam pemujaan mereka. Band yang senantiasa konsisten dengan style dan karakteristik metal bermuatan peradaban agung Nusantara ini semakin dewasa dan jernih dalam mengaransemen musiknya.

Simak materi single terbaru dari Sorem di bawah naungan label Sadist Records, Single yang sangat padat, eksplosif, Agresif, penuh kemarahan cepat melibas tanpa basa basi langsung di suguhin dengan rif ala death metal 2000an style, tapi lebih kasar, bringas dan power full.

Ditambah sang penjaga ritme memuntahkan blasting beat yang cepat penuh emosi. nuansa etnic bali terasa di mid interlude yang catchy, trimolo picking nada khas kearifan lokal di eksplore dengan rapih dan sangat sinkron dengan 2 layer guitar, rhytm dan clean guitar, membaur di aransemen musiknya yang entahlah kenapa mengingatkan akan beberapa track dari band Lunatic Death Metal dari Bali.

Disini saya lebih merekomendasikan dengerin single ini sambil melihat footage bercerita dari video lyric di official youtube nya, akan lebih berasa kita masuk ke alam yang mereka ceritakan di lyric, sadiisss dan seakan sang Mayanetra Yamadipati mengintai kita setiap saat.

Ini adalah pemanasan dari skuad hitam lereng Tengger untuk kalian yang menunggu rilis album penuh ke 3 nya….. Beware!!!

(Hestu Widodo – Gerilya Magazine)