by

TREMOR Gaet Eet Sjahranie dalam Album “Evolusi Logika”

TREMOR, band thrash metal yang dimotori oleh Lilik Wardiandi yang akrab dipanggil Iik (eks gitaris dan vokalis BETRAYER) ini patut diacungi dua jempol karena meski di masa pandemi melanda, TREMOR terus berkarya dengan menggarap mini album yang bertitel “Evolusi Logika”.

Dan untuk pengerjaan album ini TREMOR kali ini tak tanggung-tanggung, ada 3 nama musisi papan atas Indonesia yang diajak berkolaborasi di dalamnya. Yaitu, Eet Sjahranie (EDANE), Trison Manurung (ROXX/DEATH DISTORTION dan Pay Burman (eks SLANK/BIP/GENERAL MAYA).

Album “Evolusi Logika” saat ini sudah bisa dinikmati dalam platfoam digital dan fisik CD nya dirilis pada 16 Maret 2021 nanti. Ada 7 lagu dalam album ini, 4 lagu baru dan 3 lagu dari album sebelumnya yang dimastering ulang yaitu:

  1. Imbas
  2. Teror – Featuring Trison Manurung
  3. Dunia – Featuring Eet Sjajranie
  4. Evolusi Logika – Featuring Pay Burman
  5. Mati Suri
  6. Murka
  7. Terali Besi

Kolaborasi dengan legenda gitaris Indonesia, EEt Sjahranie bukan hanya di album “Evolusi Logika” saja. Sebelumnya Eet pernah dilibatkan TREMOR dalam live recording, mari kita tanya-tanya Bang Iik seputar keterlibatan Eet dalam album terbaru TREMOR ini.

Lagu apa sih yang kolaborasi dengan Eet Sjahranie? Dan temanya tentang apa?
Lagunya berjudul “Dunia”. Lagu ini bercerita tentang alam semesta/dunia yang diciptakan Tuhan YME yang begitu indah namun menjadi rusak akibat exploitasi gila-gilaan oleh manusia.

Apa yang ingin diungkapkan TREMOR dalam lagu “Dunia”?
Dalam lagu ini TREMOR mengajak semua umat manusia untuk tidak lagi melakukan hala-hal merusak keindahan alam semesta/dunia, dan yang paling penting adalah lagu ini sekaligus juga memberikan “warnings” kepada kita semua, jika alam tetap dirusak, Tuhan YME  pasti akan marah/murka dan kita semua akan menanggung akibatnya.

Alasan menggaet Eet Sjahranie?
Tentunya karena melihat sosok beliau di dunia musik Indonesia, dengan sepak tejang dan jam terbang di industri musik, membuat beliau menjadi salah seorang “living legend”. Kalau kita flash back lagi, seorang Eet Sjachranie itu sebenarnya sudah lama telibat dalam pembuatan lagu dan/atau aransemen lagu musisi-musisi lain di banyak genre.

Kalo kita lihat kan musik Eet Sjahranie beda genre dengan TREMOR, apa bisa?
Dengan genre musik yang beliau mainkan sekarang bersama EDANE, maka TREMOR seolah-olah memberikan tantangan. Apakah beliau sanggup untuk bermain di genre musik yang sangat jauh berbeda dengan apa yang beliau pernah atau sedang lakoni sekarang, yakni THRASH METAL. Tapi, ternyata semua itu bisa ditepis dan tidak keraguan bahwa beliau memang piawai.

Sebelum album “Evolusi Logika” Eet Sjahranie pernah kolaborasi juga dengan TREMOR?
Beliau pernah menjadi player tamu (featuring) di dua video “live recording TREMOR” pada lagu Megalomaniac dan lagu cover KREATOR berjudul “People Of The Lie”. Bahkan untuk video yang membawakan lagu “People Of The Lie” nya KREATOR, salah satu media on-line di Jerman OBLIVEON MAGAZINE mengulas video tersebut dalam sebuah artikel.

Sosok Eet Sjahranie menurut TREMOR?
Sosok Eet Sjacheanie adalah sosok yang “humble”, dan inI terbukti dengan beliau mau berkolaborasi dengan TREMOR. Respect untuk beliau…

Line up TREMOR
Iik : rhythm guitar+ vocal
Rino : lead guitar + backing vocal
Dikdik : bass
Fikal : drum